Seksi Pengawasan

JOB DESKRIPTION SEKSI PENGAWASAN

Siwas dipimpin oleh Kasiwas, yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Kasiwas dalam melaksanakan tugas kewajibannya dibantu oleh:

1)  Subseksi Bidang Operasional, disingkat Subsibidops bertugas melakukan pengawasan dan monitoring secara umum dan insidentil di bidang operasional oleh semua unit kerja, mulai tahap perencanaan,                         pelaksanaan dan pencapaian kinerja dan bertanggung jawab kepada Kasiwas ;

2) Subseksi Bidang Pembinaan, disingkat Subsibidbin bertugas melakukan pengawasan dan monitoring secara umum dan insidentil di bidang pembinaan meliputi personel, materiil, fasilitas, dan jasa dan                           bertanggung jawab kepada Kasiwas ;

3) Bintara Administrasi disingkat Bamin bertugas membantu tugas pada masing-masing subseksi yang ada di Siwas dalam melaksanakan tugas ketatausahaan administrasi sehari-hari dan bertanggung jawab                     kepada Kasubseksi .

4) Bintara Umum disingkat Banum bertugas membantu tugas Bamin dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Bamin.

Perencanaan

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Siwas Polres Dharmasraya dalam rangka pengawasan dan Monitoring, kegiatan yang direncanakan adalah :

  1. Mengawasi pelaksanaan kerja dilapangan seluruh fungsi dan polsubsektor pada Polres Dharmasraya agar sesuai dengan sprin dan renjanya, jangan sampai ada pelanggaran yang dilakukan anggota yang menyimpang dari Tupoksi, Juklak dan Juknis.
  2. Menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan dalam bidang perencanaan kerja ditingkat Satfung serta Polsubsektor.
  3. Supervisi satfung yang dilaksanakan pertigabulan dalam satu tahun.

 

Wasrik rutin oleh Itwasda Polda Sumbar yang diselenggarakan dalam dua tahapan selama satu tahun dimana Siwas sebagai penanggung jawab Wasrik. Adapun tahapan yang dilaksanakan oleh tim wasrik adalah sebagai berikut :

  Wasrik rutin tahap I aspek perencanaan dan pengorganisasian tatalaksana.

  Wasrik tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian.

Pengawasan Operasional Kepolisian Mandiri kewilayahan: