Sat Reskrim Polres Bogor Ungkap Kasus Pemalsuan Ijazah

0
77

Sat Reskrim Kepolisian Resor Bogor ungkap kasus Pemalsuan Ijazah di Desa Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Selasa (16-01-2018).

Sat Reskrim Polres Bogor mendapatkan informasi pada hari Senin (08-01-2018) jam 19.00 WIB bahwa terdapat seseorang yang bisa menerbitkan ijazah berbagai sekolah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SMP s.d SMK) yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Bekasi, dengan imbalan satu ijazah dan satu Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah).

Pelaku an. (NA/46) membuat ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Palsu dengan mencantumkan tanda tangan Kepala Sekolah sesuai dengan copy ijazah yang dibawa oleh pemohon, kemudian ijazah tersebut ditanda tangan oleh pelaku serta diberi cap atau stempel sekolah sesuai keinginan pemohon.

Adapun barang bukti yang diamankan yaitu Kertas concort kosong, Ijazah palsu, SKHUN palsu, Blangko Ijazah SLTA dan SD, Cap Stemple kayu Kepala Sekolah dan berbagai sekolah atau dinas, Hologram Diknas (Tutwuri Handayani), flashdisk, Flashdisk, HP merk Xiaomi, pulpen merk Standard, spidol, pisau karter dan penghapus.

Pelaku dijerat Pasal yang persangkakan 263 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 68 ayat (1) UU No. 20 tahun 2003 tentang UU Sistem Pendidikan Nasional dengan ancaman hukumannya paling lama 6 tahun.

(Tribratanews Polres Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here